Paypal

Free Bitcoin

Wednesday, September 16, 2015

Tips Menghindari Penyadapan Telekomunikasi


Penyadapan mulai marak di Indonesia, mulai dari percakapan email, akses smartphone, hingga sambungan telefon bisa diketahui oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab. Bermula dari laporan mantan intelijen Amerika, Edward Snowden, semua sektor telekomunikasi dan dunia siber terungkap mengalami penyadapan.

Bahkan telepon genggam presiden RI dan beberapa pejabat tinggi lainya pun disadap oleh intelijen Australia. Memang kebanyakan penyadapan terjadi pada orang-orang berpengaruh yang memegang peranan penting. Untuk menghindari penyadapan tersebut, ada beberapa tips yang didapat dari pakar IT Indonesia, Onno W. Purbo. Berikut langkah-langkah antisipasi penyadapan :

1. Hindari Penggunaan Komunikasi Publik

Onno W. Purbo memberikan tips pertahanan dari penyadapan dibagi berdasarkan tingkat urgensi. Mulai dari jangka pendek, sedang, dan jangka panjang. Untuk jangka pendek, dan sebagai langkah awal Onno menyarankan untuk mengusahakan seminimal mungkin menggunakan saluran komunikasi publik. Telepon umum, aplikasi chatting di Facebook, aplikasi video call Skype, atau layanan voice call dan video call dari aplikasi chatting seperti Yahoo Messenger juga perlu dihindari.

2. Gunakan Saluran Telekomunikasi Milik Indonesia

Onno juga menyarankan agar warga Indonesia menggunakan saluran komunikasi yang ada jaminan milik Indonesia atau milik sendiri. Menggunakan fasilitas saluran komunikasi dari luar berarti setuju dengan peraturan yang ada di luar, yang mungkin berbeda dengan Indonesia.

3. Pasang Alat Monitoring Serangan Jaringan


Jika dua hal tersebut sudah dilakukan, pemasangan tools atau alat-alat untuk mencegah penyadapan tentu diperlukan. Menurut Onno, ini sudah masuk pertahanan jangka pendek. Coba enkripsi atau acak saluran komunikasi, pasang honeynet dan  Intrusion Detection System & Intrusion Prevention System di semua situs Indonesia dan pastikan untuk melapor secara automatis ke Computer Emergency Responds Team.

4. Jauhi Produk dan Orang Asing

Dalam proteksi jangka panjang Onno menekankan agar tidak percaya pada sembarang orang, apalagi orang asing. Ia memberikan saran agar memastikan root password seluruh peralatan telekomunikasi tidak berada di tangan asing. Juga pastikan jalur yang digunakan semua peralatan telekomunikasi tidak menggunakan jalur asing.
Langkah terakhir, usahakan untuk menggunakan peralatan buatan sendiri bukan produk asing. Perangkat asing ini termasuk CCTV yang diimpor dari luar negeri. Produsen pembuat perangkat tersebut bisa saja melakukan pantauan karena ia memiliki dan mengetahui seluk beluk dari perangkatnya.
Semoga informasi mengenai tips menghindari penyadapan tersebut dapat bermanfaat bagi kita semua. Selalu waspada dan berhati-hatilah ketika berkomunikasi.


No comments:

Post a Comment

Designed By RAP AXPERIA