Paypal

Free Bitcoin

Thursday, September 17, 2015

7 Cara Mengatasi Ketergantungan Pada Smartphone -RAP AXPERIA-


Aktifitas kehidupan jadi sangat terbantu berkat hadirnya teknologi smartphone, namun di balik dampak positif yang dibawa oleh teknologi tersebut ternyata juga memiliki dampak negatif bagi para penggunanya. Penggunaan smartphone yang berlebihan memang kurang baik bagi kesehatan maupun interaksi sosial langsung dengan masyarakat sekitarnya.
Banyak yang beranggapan bahwa seringnya menggunakan smartphone disebabkan oleh alasan kerjaan dan kebutuhan para penggunanya seperti membuka dan membalas email, menulis di aplikasi di word pad, bermain game, membuka jejaring sosial dan masih banyak lagi.
Berdasarkan riset yang telah dilakukan tim psikolog University of Derby, kecanduan smartphone dapat mempengaruhi perkembangan psikologi karakter para penggunanya. Semakin sering smartphone digunakan, maka risiko kecanduan yang parah akan semakin meningkat. Oleh karena itu, Inilah 7 Cara Efektif Mengatasi Kecanduan Smartphone selengkapnya untuk anda.

Tips Mengatasi Kecanduan Smartphone


1. Bersosialisasi Langsung

Jika diperhatikan dengan seksama seorang pecandu smartphone nampak tak memperhatikan sekitarnya, dia merasa tidak membutuhkan orang lain karena merasa dunia ada di genggamannya. Jika Anda menyadari hal ini segeralah ubah kebiasaan tersebut, simpanlah smartphone Anda dan mulailah memperbanyak sosialisasi dengan orang lain.

2. Kurangi Penggunaan

Untuk bisa lepas dari kecanduan smartphone, seseorang memerlukan waktu tahap demi tahap untuk mengurangi kadar penggunannya. Perbanyaklah aktifitas fisik yang dapat mengalihkan fokus Anda kepada hal-hal lain yang lebih penting selain terhadap smartphone Anda.

3. Matikan Notifikasi

Tips mengatasi kecanduan smartphone selanjutnya yaitu dengan mematikan semua notifikasi dari aplikasi jejaring sosial yang ter-install di smartphone. Jika Anda beralasan bahwa mematikan notifikasi dapat memutuskan Anda dari kontak orang penting, Anda masih bisa memilih opsi untuk mematikan notifikasi aplikasi mana yang harus di-non aktifkan.

4. Ketahui Waktu Pemakaian

Gunakan cara sederhana dimana Anda dapat mengetahui berapa lama waktu pemakaian smartphone Anda yaitu dengan mengunduh aplikasi yang dapat mendeteksi berapa lama waktu pemakaian smartphone Anda. Aplikasi tersebut hadir di kedua platform iOS dan juga Android. Anda juga bisa mengunduh QualityTime untuk Android dan juga Moment untuk iOS. Aplikasi ini juga dapat memberikan reminder jika Anda terlalu lama menggunakan smartphone.

5. Menggunakan Fitur Standar

Pahami fungsi serta kebutuhan alat komunikasi Anda, jika Anda tidak terlalu sibuk dan eksis dalam dunia sosial media Anda dapat menggunakan alat komunikasi yang memiliki fitur standar khusus untuk menelepon dan sms, karena dengan cara demikian Anda tidak akan tergoda untuk berlama-lama menatapi alat komunikasi Anda.

6. Terapkan Bebas Smartphone

Cobalah berlakukan waktu bebas smartphone dimana Anda benar-benar terlepas dari perangkat smartphone Anda dan berfokus ke aktifitas yang sedang dilakukan. Dengan cara aktifkan Airplane Mode di smartphone Anda ketika Anda sedang bekerja, atau melakukan kegiatan penting lainnya.

7. Jangan Gunakan Alarm Smartphone

Kebanyakan dari Anda menggunakan smartphone sebagai alarm. Oleh karena itu, para pengguna smartphone lebih menghabiskan waktunya melihat jejaring sosial terlebih dahulu setelah mereka bangun mematikan alarm. Mulai sekarang, cobalah batasi diri Anda menggunakan smartphone sebagai jam alarm.


No comments:

Post a Comment

Designed By RAP AXPERIA